27 Sep 2010

Did You Know?

1. Kenapa orang menamakan suara bergema itu echo (dalam bahasa Inggris)?
Jadi dahulu ada peri bernama Echo yang membuat dewi Hera geram karena peri ini sering bercerita panjang lebar kepada Hera untuk mneghalangi Hera menemukan Zeus sedang berselingkuh dengan para peri. Mengetahui ini dewi Hera mengambil suara Echo dan membuat dia hanya bisa mengikuti perkataan orang lain.
Echo kemudian jatuh cinta kepada Narcissus tapi dia tidak bisa mengutarakan satu katapun. Narcissus merasa diikuti lalu dia bertanya,” Is anyone here?,” Lalu Echo tanpa dia sadari berkata. “Here.” Lalu ketika Narcissus berkata,” Come to me!,” Echo hanya bisa berkata “Me” tanpa dia bisa kendalikan juga.
Narcissus ketakutan lalu berlari menjauhi Echo. Lama kelamaan Echo menghilang dan hanya ada suaranya yang diingat.

2. Kenapa orang menamakan orang yang terlalu mengangumi dirinya itu Narsis?
Narscissus suka menghina dalam hal yang berhubungan dengan mencintai. Hal ini membuat kesal dewi Nemesis, oleh karena itu dia memutuskan untuk menghukum Narcissus. Suatu hari, Narcissus berbaring di sebuah air terjun dan tergila-gila pada refleksi dirinya sendiri. Berkali-kali dia mencoba untuk mencium dirinya sendiri. Dia juga mencoba untuk memeluk bayangannya yang tercermin di permukaan air. Lama-kelamaan cintanya merusak diri Narcissus sampai akhirnya dia meninggal.

Tidak ada komentar: