23 Mar 2009

Ketulusan

Ada saat-saat saya suka mempertanyakan ketulusan hati saya.

Apakah saya sudah cukup tulus sebagai seorang manusia?

Tulus yang artinya melakukan sesuatu tanpa mengahrapakn imbalan apapun. Ada di satu masa dimana saya merasa saya sudah cukup tulus dalam memperlakukan orang lain. Saya sudah cukup tulus sebagai seorang manusia. Namun kadang saya teringat kata-kata yang pernah terucap di dalam atau di luar hati saya.

"GUa tuh ya udah sayang tulus tapi apa yang gua dapet? Gua tuh udah tulus banget..bla..bla..bla.."

Oke..dengan pernyataan ''apa yang gua dapet'' artinya saya memang minta imbalan.Dimana tulusnya? Lalu saya mulai berpikir jangan-jangan saya belum pernah mencintai orang dengan tulus??

Mmm.agak takut juga saya..jangan2 ledek2an yang saya menamai diri saya sendiri cewek pamrih sudah meresap beneran ke tubuh saya..Mungkin saya memang tidak bisa mengkalim bahwa saya sudah mencintai seseorang dengan tulus dan menuntut orang lain juga tulus mencintai saya..kan katanya tulus itu artinya nggak minta imbalan..kalo mau bilang mencintai tulus yang mencintailah dengan tulus, nggak usah pake bilang-bilang..

Kalo udah capek tulus dan merasa membutuhkan tuntutan untuk timbal balik, ya mintalah tanpa berkata sudah melakukannya dengan tulus..

"Dulu gua udah mencintai lo dengan tulus.Tapi sekrang gua udah capek dan butuh timbal balik. Lo harus sayang ama gua atau gua nggak akan sayang lagi sama lo"

Sepertinya lebih fair dan masuk akal..
Menuntut juga nggak salah-salah banget asal bisa memberikan sebanyak yang dituntut..
Asal jangan bilang saya tulus ketika masih mengaharapkan sesuatu..

Tidak ada komentar: