13 Jan 2009

Sesuatu Dibalik Itu

Kalau ada yg bertindak menyakiti saya, atau ada orang melakukan kesalahan yang saya pikirkan hanyalah perasaan saya. Perasaan yang yang membenci dia, perasaan saya yang menghakimi dia, perasaan saya yang terluka.

TApi saya tidak pernah sadar bahwa kelakuan orang lain dalah cermin serta peringatan bagi diri saya sendiri bagi diri saya sendiri. Bahwa suatu saat nanti saya juga bisa melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan orang itu atau bahkan secara TIDAK SADAR saya pernah melakukan perbuatan itu.

Saya sedang berusaha mengerti dan memahami setiap kelakuan orang baik yang ditujuan kepada saya langsung atau tidak langsung atau malah yang tidak berhubungan dengan saya sama sekali. Saya berusaha memahami dan tidak menghakimi bukan karena saya punya rasa empati yang besar tapi mungkin saya mulai mengerti bahwa tidak semua hal di dunia ini saya pahami, termasuk alasan orang-orang melakukan tindakan tertentu.
Saya hanya merasa ada hal tertentu yang terjadi yang mendasari perilaku seseorang. Dan harusnya saya mencari itu sebelum berusaha untuk menyakini sesuatu yang belum pasti.

Tidak ada komentar: